Kejawar Titik 0 km Banyumas

Unknown Reply 20.41
Berbicara Kabupaten Banyumas pasti tidak lepas dari Desa Kejawar yang merupakan cikal bakal kabupaten dan karsidenan Banyumas. Karena di Desa Kejawar  R. Joko Kahiman dibesarkan oleh paman dan bibinya (Kyai Mranggi Semu dan Nyai Mranggi Semu / Rara Ngaisah). Hal ini karena ayahanda R. Joko Kahiman (R. Banyaksosro) meninggal pada usia muda, sedangkan R. Joko Kahiman masih kecil. Kyai Mranggi Semu merupakan pembuat warangka keris dan garan pacul. Terkait masa kecil dan dididiknya R. Joko Kahiman di Kejawar ini, maka tidak berlebihan kalau dikatakan Kyai dan Nyai Mranggi Semu sangat besar jasanya dalam menggembleng seorang Satria Banyumas. Djoko Kahiman atau Raden Djoko Semangoen adalah putra Raden Harjo Banjaksosro Adipati Pasir Luhur yang sejak kecil diasuh dan diambil anak angkat oleh Kyai dan Nyai Mranggi Semoe di Kejawar. Kyai Mranggi sebenarnya namanya adalah Kyai Sambarta dan Nyai Mranggi adalah Nyai Ngaisah. Joko Kahiman kecil menghabiskan 20 tahun di desa Kejawar. Setelah Raden Djoko Kahiman dewasa lalu mengabdikan dirinya pada Kjai Adipati Wirasaba yang bernama Adipati Wargo Oetomo I dan akhirnya Raden Djoko Kahiman menjadi menantu Wargo Oetomo I, dinikahkan dengan putri sulungnya yang bernama Rara Kartimah. 
Di desa Kejawar ada dua makam bersejarah yaitu makam  Kyai Mranggi dia adalah orang tua angkat dari Joko dan makam Keluarga Raja Jembrana / Bali yaitu I GUSTI NGURAH MADE PACEKAN. Merupakan keluarga dari ANAK AGUNG NGURAH DJEMBRANA  Adalah pendiri dan sebagai Raja Djembrana I yang memerintah sejak tahun 1705. Dari Jalan Raya Banyumas-Buntu Km 1, setelah dari SPBU Kejawar keselatan 200m, kemudian belok kiri 150m. Nah....mari kita bicarakan 0 km yaitu dari bekas gedung Karsidenan Banyumas ( gedung SMKN 1 Banyumas sekarang ). Terdapat terminal Banyumas atau yang dikenal Terminal Karsidenan. Dimana disini terletak titik Nol Km. Titik ini merupakan pusat pengukuran jarak dari titik ini kesuatu tempat atau kota yang lain. Dahulu dari Titik Nol Km ini sampai Banjarnegara adalah jalur yang sangat strategis dimana jalur ini menghubungkan Kadipaten Banyumas, Kadipaten Gumelem, Kadipaten Wirasaba, Kadipaten Merden dan Kadipaten Banjar Watulembu/Banjarpetambakan atau Kabupaten Banjarnegara sekarang. Sayang saya belum dapat menampilkan gambar yang representatif mewakili desa Kejawar, akan saya tampilkan pada perburuan selanjutnya.

Kantor Desa Kejawar

Gerbang PonPes Miftahussalam
Pemakaman Umum desa Kejawar

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Posts

Search

Wong cilik lahir di Sudagaran - Banyumas

Lahir 1974 di Banyumas dari seorang ayah bernama Sudiman anak seorang tukang yang bernama Tirtadiwirya, dari kakek buyut Suramedja yang berprofesi sebagai sipir di LP Banyumas

Manunggaling Kawulo Raharjaning Praja

Manunggaling Kawulo Raharjaning Praja

Follow us

Popular Posts